Algoritma pemrograman

Algoritma pemrograman
Dosen : nahrum
  • Konsep dasar algoritma pemrograman dan traca
  • Struktur dasar pemrograman
§  Sebuah program dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar, yaitu :
     -  Struktur Urut (Sequential Structure)
     -  Struktur Pemilihan (Selection Structure)
     -  Struktur Pengulangan (Repetition Structure)
1.    Struktur Urut (Sequential Structure)
Merupakan struktur didalam melaksanakan instruksi dikerjakan secara beruntun  atau berurutan baris per baris mulai dari baris pertama hingga baris terakhir, tanpa ada loncatan atau perulangan.
   -  Tiap instruksi dikerjakan satu per satu sebanyak satu kali
                 -  Urutan pelaksanaan instruksi sama dengan urutan penulisan       algoritma
                 -  Instruksi terakhir merupakan akhir algoritma
 - Urutan penulisan instruksi bisa menjadi penting, bila diubah dapat menyebabkan hasil yang berbeda.

PERTEMUAN 2
Ø  KOMPUTER
Komputer adalah mesin - mesin penghitung eloktronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digita lkemudian memprosesnya sesuai degan program yang tersinpan dimemorinya dan menghasilkan auput berupa informasi
Ø  FUNGSIN KOMPUTER
·         Mengolah data
·         Menyimpan data
·         Mengontrol data
·         Memindakan data
Fungsi Komputer
  • Pengolahan data - Data processing
  • Penyimpanan data - Data storage
  • Pemindahan data - Data movement
  • Kendali – Control
Fungsi Komponen Komputer
Fungsi komponen komputer adalah sebagai berikut:
•  Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
•  Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
•  Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
•  I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
•  Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
•  Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
•  Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
•  CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja kompute


ü  Input atau alat masukan adalah perangkat keras komputerm yang berfungsi  untuk memasukan data perinta
ü  Proscess batau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengololah data atau perinta  yang di terima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut data atau perintah kedalam komputer
ü  Auput atau alat keluaran  adalah
Ø  KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
·         Program adalah merupakan suatu himpunan  atau kumpulan intruksi tertulis yang dibuat oleh programer  atau suatu bagian executable dari suatu sofwere
·         Pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah kekomputer untuk mengajarkan sesuatu dimana intruksi tersebut mengunakan bahasa yang dimenggerti oleh komputer dikenal dgn bahasa pemrograman
Ø  TAHAPAN MEMBUAT PROGRAM
1.       Mendifinisikan masalah dan menganalisa
*      Tujuan
*      Prameter
*      Fasilitas
*      algoritma


Related Posts:

0 Response to "Algoritma pemrograman"

Post a Comment